28
Apr

Khutbah Jumat: Penyakit Hati

   Posted by: ali.ahmad  Ali -Ayah- Ahmad H    in Islam

Tema yang di bawakan oleh khotib Jumat di Masjid PI hari ini adalah tentang penyakit hati. Di sini akan saya coba rangkum secara singkat tentang penyakit hati ini.

Pada dasarnya, sangat banyak jenis dan tipe dari penyakit hati ini. Namun, ada 3 penyakit yang bisa dibilang sebagai pangkal dan asal muasal dari berbagai penyakit hati lainnya, yaitu:

1. Sifat SOMBONG
2. Sifat TAMAK / SERAKAH
3. Sifat DENGKI

Sudah seharusnyalah kita selalu menjauhkan diri kita dari berbagai macam penyakit hati, terutama ketiga penyakit/sifat di atas.

1. Sombong, dapat kita jauhi dengan selalu menekankan keyakinan pada diri kita, bahwa setiap mahluk telah diciptakan oleh Allah SWT dengan kekurangan dan kelebihannya masing2. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi kita untuk bersikap sombong, merendahkan yang lain dan merasa dirinya lebih segala2nya dibanding yang lain.

2. Tamak/Serakah, bisa kita jauhi dengan senantiasa bersyukur atas segala apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita dan selalu sadar bahwa apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita adalah yang terbaik bagi kita.

3. Dengki, dapat kita jauhi selain dengan selalu sadar bahwa semua yang Allah berikan kepada kita adalah yang terbaik menurut Allah SWT, juga senantiasa saling nasihat menasihati didalam kebaikan dan kesabaran.

Wallahua’lam

**notes: yang benar datangnya hanyalah dari Allah, dan yang salah datangnya dari diri penulis.

This entry was posted on Friday, April 28th, 2006 at 6:01 pm and is filed under Islam. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

2 comments so far

zoel
 1 

minta izin tuk download khutbahnya mas…

November 26th, 2010 at 3:52 pm
ali.ahmad
 2 

@Zoel,
silahkan, semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

November 26th, 2010 at 4:18 pm

Leave a reply

Name (*)
Mail (will not be published) (*)
URI
Comment