10
Feb

Khutbah Jumat: Time Management

   Posted by: ali.ahmad  Ali -Ayah- Ahmad H    in Islam

Khutbah Jumat kali ini membahas tentang masalah memanfaatkan waktu hidup seorang Muslim. Landasan yang bisa digunakan sebagai dasar hukum bagaimana cara memanfaatkan waktu hidup ini agar tidak menjadi orang yang rugi, salah satunya adalah QS Al ´Ashr (1-3).
Ada 4 “cara” agar waktu hidup kita tidak merugi:
1. Ber-Iman kepada Allah SWT. Iman diutarakan lewat lisan dengan 2 kalimat Syahadat, kemudian ditanamkan keimanan tersebut di dalam hati dan di terapkan dalam setiap gerak-gerik kehidupan kita, dengan cara selalu mengerjakan perintah Allah SWT dan senantiasa menjauhi semua larangan-Nya.
2. Senantiasa beramal sholeh.
3. Saling nasihat-menasihati dalam kebaikan.
4. Senantiasa memelihara sifat sabar dalam berbagai hal.

Jika kita selalu berpegangan kepada 4 cara di atas, Insya Allah, kita akan menjadi manusia yang beruntung. Aamiin… semoga kita semua termasuk di dalamnya.


Selain 4 cara bagaimana kita memanfaatkan waktu ini, juga ada 4 waktu yang tidak boleh disia-siakan dalam mengarungi waktu kehidupan ini, yaitu:
1. Luangkan selalu waktu untuk bermunajat kepada Allah SWT, sesibuk apapun kita, apalagi kesibukan itu bersifat duniawi.
2. Luangkan waktu untuk berinstropeksi diri, merenungkan apa yang pernah dan telah kita lakukan, dan apa yang akan kita lakukan di masa yang akan datang.
3. Luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan orang lain, terutama dengan “orang baik” & teman2.
4. Luangkan waktu untuk bersama2 dengan keluarga, terutama Suami/Istri & anak2.

Semoga waktu yang telah kita lalui dan yang akan kita lalui (Inysa Allah), tidak menjadi sia-sia dan semoga kita termasuk ke dalam orang2 yang beruntung. Aamiin ya Robbal ‘alamiin…

This entry was posted on Friday, February 10th, 2006 at 3:04 pm and is filed under Islam. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

3 comments so far

 1 

salimna

February 11th, 2006 at 4:37 am
 2 

halo dd cayank 🙂 maap ya te tuteh jarang blogwalk, jadi jarang mampir kesini.. pasti dd tambah cantik neh hehehe 🙂 *muwah* met wiken ya dd.. sampaikan salam untuk papa dan mama yaa 🙂

February 18th, 2006 at 3:33 pm
 3 

Terima kasih atas karyanya telah membantu para da’i di desa, mohon ditambah dan bahasanya sederhana

March 11th, 2006 at 5:57 am

Leave a reply

Name (*)
Mail (will not be published) (*)
URI
Comment